10 Cara Sukses Melakukan Diet Mediterania

10 Cara Sukses Melakukan Diet Mediterania

Diet mediterania adalah salah satu program penurunan berat badan yang mengambil contoh dari gaya hidup orang - orang mediterania seperti Italia, Yunani, dan Spanyol. Diet ini berfokus pada konsumsi makanan yang mengandung nutrisi alami dan mengurangi makanan - makanan bernutrisi buatan.

Diet mediterania tidak hanya berguna untuk menurunkan berat badan. Diet ini juga bisa mengurangk resiko berbagai penyakit seperti penyakit jantung, stroke, parkinson, dan alzheimer. Untuk wanita yang tidak ingin terkena kanker payudara, kalian juga bisa menambah konsumsi minyak zaitun dan kacang selama menjalani diet mediterania. Baca juga Proses Melakukan Diet Atkins agar Mendapatkan Hasil Maksimal

Pola makanan diet mediteranian memang sangat beragam mengikuti perkembangan wilayah dan zaman. Namun, sebagian besar pola makan diet mediterania mencakup biji - bijian, kacang - kacangan, dan minyak zaitun.

Bila kalian ingin memulai menjalani program diet mediteranian, kalian bisa memulainya dengan mengetahui cara penerapan diet mediteranian.
Sumber Gambar https://arosebyname.files.wordpress.com

1. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah - buahan. Usahakan untuk memperbanyak frekwensi konsumsi sayuran dan buah - buahan dibandingkan dengan nasi.

2. Perbanyak konsumsi biji - bijian utuh seperti gandum, kacang - kacangan, dan lain - lain.

3. Mengganti mentega dengan sumber lemak sehat yang lain seperti minyak zaitun atau minyak sayur.

4. Biasakan untuk mengganti penggunaan garam dengan rempah - rempah untuk penyedap rasa.

5. Kurangi asupan daging merah. Cukup 2 atau 3 kali dalam seminggu.

6. Perbanyak konsumsi ikan. Namun, usahakan bukan ikan yang digoreng.

7. Ganti cemilan seperti kue, kripik, atau biskuit dengan cemilan sehat seperti buah, salad, atau kacang.

8. Perbanyak olahraga dan aktivitas fisik

9. Perbanyak minum air mineral dan kurangi minum minuman cepat saji yang mengandung banyak gula

10. Kurangi makan makanan cepat saji seperti junk food atau makanan kalengan yang mengandung banyak garam.


Untuk mengatur rencana pola makan atau planning jangka panjang selama menjalankan diet mediterania, kalian bisa mencoba menerapkan pola makan seperti berikut ini :

- Konsumsi Harian
Konsumsi harian adalah makanan yang akan kalian makan setiap hari dengan frekwensi yang banyak. Cobalah mengatur makanan harian kalian dengan berbagai variasi agar kalian tidak cepat merasa bosan. Usahakan konsumsi harian kalian mencakup makanan - makanan yang sehat seperti sayur - sayuran, biji - bijian, atau rempah - rempah. Perbanyak juga konsumsi sumber karbohidrat seperti gandum utuh, pasta, oat, atau umbi - umbian. Baca juga Cara Praktis Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal

- Konsumsi Harian Jumlah Sedang
Untuk konsumsi harian dengan jumlah sedang, kalian bisa memperbanyak asupan sumber protein dan serat. Daging putih seperti ayam dan bebek bukanlah pilihan yang buruk untuk konsumsi harian jumlah sedang ini. Namun, teruslah pantau jumlah kalori yang kalian makan agar tidak memperlambat proses diet yang sedang kalian jalani. Tambah juga asupan kalsium kalian dengan banyak mengkonsumsi susu.

- Konsumsi Mingguan
Konsumsi mingguan merupakan makanan yang kalian makan dengan frekwensi sekitar 2 - 3 kali dalam seminggunya. Untuk pola makan mingguan, kalian bisa memfokuskan pada makanan berprotein yang sangat tinggi seperti ikan - ikanan, udang, cumi, dan makanan berjenis seafood lainnya. Makanan tersebut digolongkan pada konsumsi mingguan karena mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Baca juga Dibalik Segudang Manfaatnya, Diet Keto Tuga Tetap Memiliki Kekurangan Bagi Tubuh

- Konsumsi Bulanan
Konsumsi bulanan atau lebih cocok disebut Cheat Day ini merupakan waktu dimana kalian boleh memakan apapun yang kalian inginkan namun tidak berlebihan. Frekwensi normal dari konsumi bulanan ini sekitar 5 - 7 kali perbulannya. Memang lebih baik jika kalian melewatkan pola makan yg satu ini. Namun, terlalu menahan - nahan juga tidak baik untuk tubuh kalian.

Pergunakanlah waktu Cheat Day kalian dengan memperbanyak konsumsi asupan gula atau garam. Makanlah makanan seperti kue atau biskuit yang tidak terlalu banyak mengandung zat pengawet dan pewarna. baca juga 6 Cara Praktis Menurunkan Berat Badan tanpa Diet (Diet Alami)

Memang keuntungan dari menjalankan diet mediterania bukan hanya untuk mengurangi berat badan. Diet ini juga memiliki beberapa manfaat lain, seperti :

- Menurunkan Resiko Diabetes
Diet mediterania menganjurkan pelakunya untuk memperbanyak konsumsi kacang - kacangan. Kandungan yang ada di dalam kacang - kacangan dapat mengatur glikemik dalam darah. Dengan begitu, kandungan gula dalam darah dapat terkontrol dengan baik.

- Menurunkan Resiko Penyakit Jantung
Selama menjalani diet mediterania, asupan lemak yang kalian konsumsi akan berkurang cukup banyak. Hal ini akan mengurangi resiko terkena penyakit jantung karena hanya sedikit kemungkinan lemak jenuh yang akan mengganggu sirkulasi darah kalian. Selain itu, minyak zaitun yang banyak di konsumsi selama menjalankan diet mediterania juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. baca juga 5 Jenis Diet yang Ampuh Menurunkan Berat Badan

Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Berikanlah Komentar Anda Tentang Artikel Di atas
Berkomentar dengan sopan dan jangan lupa LIke FansPagenya
Jangan spam (komentar dengan link aktif), bila ada link aktif saya akan hapus komentar anda