10 Ciri-ciri Makanan Sehat yang Layak Untuk Dikonsumsi

10 Ciri-ciri Makanan Sehat yang Layak Untuk Dikonsumsi

Makanan Sehat - Pagi, siang sore, hingga malam makan merupakan aktivitas yang tidak bisa untuk ditinggalkan. Berbagai jenis makanan mulai dari makanan ringan hingga makanan berat bisa kita konsumsi dalam sehari.

Namun terkadang kita sadar, bahwa tak semua makanan yang kita konsumsi selama ini baik untuk kesehatan tubuh kita bahkan bisa dikatakan sangat berbahaya bagi tubuh kita. Anda perlu tau, bagaimana ciri-ciri makanan sehat agar anda tidak mendapatkan bahaya kesehatan dari makanan Anda konsumsi. Apa saja ciri-ciri makanan sehat itu? Baca juga 4 cara Ampuh menjaga berat badan agar Tetap Ideal


10 Ciri-ciri Makanan Sehat yang Layak Untuk Dikonsumsi


1. Komposisi Gizi Seimbang


Makanan sehat pasti mengandung zat gizi yang seimbang. Dimana di dalam makanan tersebut terkandung karbohidrat, protein, lemak, mineral, vitamin, serta zat zat gizi lainnya yang menyehatkan. Biasanya dapat kita temui pada makanan 4 sehat 5 sempurna.

2. Mengandung Serat yang Cukup


Kandungan serat makanan sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Serat mampu melancarkan sistem pencernaan, menurunkan kolesterol, serta mencegah resiko penyakit lainnya. Makanan berserat dapat kita temukan pada buah-buahan dan sayur-sayuran baca juga 5 Cara Diet Sehat Bagi Anda yang Menjalani Program Diet

3. Makanan Tidak Berpengawet


Sungguh, makanan berpengawet sangat tidak baik untuk dikonsumsi. Dengan mengkonsumsi makanan berpengawet tubuh anda bisa terserang penyakit-penyakit tertentu yang berbahaya bagi tubuh anda bahkan mengancam nyawa anda juga. Daripada mengkonsumsi makanan berpengawet lebih baik mengkonsumsi makanan yang dimasak sendiri yang tentunya lebih sehat untuk dikonsumsi.

4. Bersih dan Higienis


Makanan yang bersih dan higienis menjadi syarat mutlak suatu makanan bisa dikatakan sebagai makanan sehat. Makanan yang bersih dan higienis menandakan  bahwa makanan terbebas dari berbagai kuman penyakit yang berbahaya bagi tubuh.

5. Mengandung Kalori yang Cukup


Kandungan kalori yang cukup menandakan makanan tersebut bisa dikatakan sehat. Namun jika berlebihan justru tidak baik, bisa memicu obesitas atau kenaikan berat badan yang berlebihan. Baca juga 5 Jenis Diet yang Ampuh Menurunkan Berat Badan

6. Makanan Mudah Dicerna


Makanan yang mudah dicerna mampu meringankan kerja lambung dalam mencerna makanan. Makanan bertekstur keras tidak baik untuk anda konsumsi karena sulit dicerna, terutama bagi anda penderita asam lambung.

7. Rasa Manis yang Tidak Berlebihan


Terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis tidak dianjurkan, karena dapat menyebabkan kadar gula darah dalam tubuh meningkat. Bahkan bahayanya bisa membuat anda terserang diabetes hingga serangan jantung. Untuk itu, konsumsi makanan manis dalam batas yang wajar saja. Baca juga 5 Cara Praktis Sukses Menurunkan Berat Badan (Diet)


8. Makanan Tidak Terlalu Panas


Mungkin sebagian dari anda menganggap mengkonsumsi makanan panas adalah hal biasa. Namun tahukah anda mengkonsumsi makanan terlalu panas justru dapat menimbulkan masalah baru bagi kesehatan anda. Gigi anda bisa keropos gara-gara mengkonsumsi makanan yang panas. Lebih baik tunggu sejenak hingga makanan sedikit lebih dingin.


9. Makanan Tidak Bersantan


Santan dikenal sebagai makanan yang menyebabkan kolesterol tinggi. Kolesterol jahat yang terdapat dalam makanan bersantan bisa menaikkan LDL dalam tubuh kita sehingga kolesterol dalam tubuh kita menjadi meningkat. Bahkan ke depannya bisa terjadi penyempitan pembuluh darah bahkan yang paling berbahaya bisa terserang penyakit stroke jika terlalu sering mengkonsumsi makanan bersantan.

10. Sedikit Mengandung Garam dan Minyak


Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung garam bisa memicu terjadinya tekanan darah tinggi, tentu hal ini tidak baik bagi anda penderita hipertensi.

Selain itu makanan berminyak juga tidak bagus untuk dikonsumsi karena kandungan lemak jahatnya yang bisa memicu berbagai penyakit seperti serangan jantung dan kanker. Boleh mengkonsumsi garam dan makanan berminyak tapi dalam batas yang wajar. Baca juga 6 Cara Praktis Menurunkan Berat Badan tanpa Diet (Diet Alami)

Itulah Ke 10 ciri-ciri makanan sehat yang layak untuk anda konsumsi. Dengan mengkonsumsi makanan sehat berarti anda juga menyayangi tubuh anda sendiri, anda tidak ingin tubuh anda dengan mudah diserang berbagai jenis penyakit.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Berikanlah Komentar Anda Tentang Artikel Di atas
Berkomentar dengan sopan dan jangan lupa LIke FansPagenya
Jangan spam (komentar dengan link aktif), bila ada link aktif saya akan hapus komentar anda