5 Cara Praktis Sukses Menurunkan Berat Badan (Diet)

5 Cara Praktis Sukses Menurunkan Berat Badan (Diet)

5 Cara Praktis Sukses Menurunkan Berat Badan (Diet) - Di setiap menjelang pergantian tahun, banyak orang mulai memikirkan resolusi apa yang sudah ia wujudkan di tahun ini dan yang mana masih belum terwujud. Serta memikirkan resolusi apa lagi yang akan ia wujudkan di tahun depan. Semua itu sangat banyak dilakukan oleh masyarakat dunia, tidak terkecuali indonesia. Setiap orang mulai berlomba - lomba menuliskan mimpi yang telah ia kejar di tahun lalu dan apa mimpi yang ia ingin wujudkan di tahun depan.
5 Cara Praktis Sukses Menurunkan Berat Badan (Diet)
5 Cara Praktis Sukses Menurunkan Berat Badan (Diet) Sumber https://cdns.klimg.com/merdeka.com

Salah satu pemikiran atau resolusi terbanyak di dunia yaitu mengenai berat badan. Banyak orang di dunia menginginkan berat badan yang ideal di tahun baru. Sehingga orang - orang memilih melakukan diet dengan berbagai macam metode. Tidak sedikit orang mempublikasikan keinginannya untuk mendapatkan tubuh yang ramping ke sosial media seperti Instagram dan Facebook. Walaupun tidak sedikit juga yang " gagal " untuk menjalankan resolusi impiannya di tahun baru itu.

Berat badan memang menjadi hal yang sensitif bagi sebagian orang. Selain untuk penampilan, berat badan juga berpengaruh kebanyak hal lain di hidup kita seperti, aktivitas sehari - hari, pekerjaan, dan lain - lain. Sehingga banyak orang yang melakukan diet sebagai usaha agar mendapatkan berat badan yang ideal. Tetapi, ada banyak orang yang menjalankan metode diet dengan cara yang kurang tepat dan akhirnya gagal untuk mencapai cita - citanya. Berikut ini, kita akan mengulas tips - tips yang dapat kalian lakukan agar berhasil menjalani diet.

Sebelum membahas tentang tips - tips menjalani diet, mari kita bahas tentang beberapa hal yang dapat menggagalkan dietmu. Karena, banyak masyarakat indonesia yang gagal di tengah jalan dalam menjalani program diet. Berikut ulasannya.

1. Kurang Konsisten

Jika ingin menurunkan berat badan dengan sehat, kita harus memiliki niat yang kuat. Memang sangat klise, tetapi pada kenyataannya diet memang sangat dipengaruhi dengan konsistensi diri kita sendiri. Godaan - godaan pasti selalu datang menghampiri kita, tetapi jika kita memiliki niat untuk menurunkam berat badan yang kuat, pastinya kita bisa melewati godaan seberat apa pun.

2. Menunda - nunda

Pastinya kita sering menunda sesuatu. Sebenarnya, menunda adalah sifat alami manusia. Tetapi jika kita terus menunda sesuatu, kapan kita akan dapat mewujudkannya?? Hal yang sama pasti akan terasa oleh kalian yang baru ingin memulai program diet. Akan sangat sulit rasanya untuk mulai menurunkan berat badan walau hanya tahap awal. Tetapi, dengan tekad yang kuat, kita pasti bisa melewati rasa malas tersebut.

3. Tidak sabaran

Menurunkan berat badan memang tidaklah mudah. Jika kalian melakukan program penurunan berat badan dengan konsisten, hasil yang kalian dapatkan dalam seminggu mungkin hanya 0,5 Kg hingga 2 Kg seminggunya. Itu pun jika kalian tidak banyak melakukan Cheat Day atau mengambil hari libur diet. Sehingga, banyak orang yang mulai berpikir bahwa dietnya gagal karena penurunan berat badannya perminggu hanya sedikit. Pemikiran seperti itu merupakan salah satu contoh sifat tidak sabar manusia. Diet memang tidak dapat dilakukan secara instan. Namun jika kalian terus konsisten dalam menjalankan diet, hasil yang kalian dapat dalam 2 bulan pasti akan memuaskan.

4. Bosan

Bagi kalian yang menjalankan program diet namun belum melihat perbuahan yang signifikan dari hasil yang kalian dapat, rasa bosan dan putus asa pasti akan muncul secara perlahan. Disaat - saat itu pula, akan ada pemikiran untuk berhenti menjalankan program diet dan mulai menjalani hidup seperti biasanya kembali. Yang harus kalian lakukan saat rasa bosan sudah mulai menghampiri adalah membuat diet yang akan kalian lanjutkan bervariasi baik dalam bentuk makanan atau pun pola makan itu sendiri.

Setelah kalian mengetahui apa saja hal - hal yang dapat menggagalkan diet yang sedang kalian jalani, sekarang kalian harus tahu bagaimana caranya agar diet yang kalian lakukan tidak gagal.

5 Cara Praktis Sukses Menurunkan Berat Badan (Diet)

1. Kuatkan Niat Dan Jangan Banyak Menunda

Dalam menjalankan program diet, hal pertama yang pastinya harus kalian lakukan adalah memiliki niat dan tekad yang kuat. Pikirkanlah bayangan bentuk tubuh yang ingin kalian capai dengan menjalankan diet ini. Dengan niat yang kuat, otomatis akan menguatkan komitmenmu dengan dirimu sendiri. Dan pastinya itu akan selalu membuat kalian semangat dalam menjalani diet.

Setelah mengumpulkan niat dan tekad yang bulat, segera tentukan tanggal berapa kalian akan mulai menjalankan diet tersebut. Sebisa mungkin jangan menunda terlalu lama jadwal diet hari pertama kalian. Karena menunda akan membuat kalian semakin malas dan sulit untuk memulai diet. Tulis point apa saja yang ingin kalian capai di selembar kertas. Jika kalian cukup mahir dalam menggambar, gambarlah tubuh yang kalian mimpi - mimpikan di kertas tersebut. Jika tidak, mungkin kalian bisa mencetak foto seseorang dengan tubuh yang kalian inginkan dari internet. Lalu menempelkanya di dalam kamar atau tempat - tempat yang sering kalian lewati. Secara tidak sadar, kekuatan visual akan mengirimkan sinyal ke otak agar kalian bisa selalu ingat dengan tujuan diet yang sedang kalian lakukan. Sehingga kalian tidak mudah mengeluh dan bosan selama menjalankan diet.

2. Manfaatkan Waktu Sebaik Mungkin

Layaknya puasa, bagi kalian yang sedang menjalankan diet pasti akan ada banyak godaan yang menghampiri. Seperti misalnya, melihat teman - teman yang sedang makan fast food, atau melihat makanan yang tidak sehat seolah - olah meminta untuk dimakan oleh kalian. Tentu saja hal - hal seperti itu sangat mengaggu proses penurunan berat badan yang sedang kalian jalani. Untuk menghindarinya, mungkin kalian bisa melakukan beberapa kegiatan fisik yang dapat menguras tenaga dan menghabiskan waktu. Seperti misalnya ber-olahraga. Usahakan pilih jenjs olahraga yang kalian sukai seperti bersepeda, bulu tangkis, lari, skipping, dan lain - lain. Karena selain untuk membantu membakar lemak, melakukan olahraga yang kita sukai juga dapat mempercepat lajunya waktu sehingga kalian tidak akan merasa lama.

Jika kalian kurang suka ber - olahraga, kalian bisa mengganti aktivitas fisik dengan sesuatu yang lebih bermanfaat lagi seperti misalnya membersihkan lantai, menyapu, mengepel lantai, mencuci, dan kegiatan lainnya yang dapat menghidari kalian dari godaan untuk bermalas - malasan. Usahakan hindari berdiam diri di waktu yang cukup lama. Karena hal tersebut bisa memicu anda untuk makan walaupun hanya makanan ringan. Seperti misalnya, menonton tv di waktu yang lama, atau bermain game.

3. Catat Perkembangan Tubuh Kalian

Diet tidak bisa dijalankan secara asal - asalan. Harus ada misi atau Checkpoint tertentu yang kalian lewati sebelum mendapatkan hasil tubuh impian. Untuk mengetahuinya, buatlah catatan atau jurnal sederhana yang dapat memperlihatkan progress atau perkembangan apa saja yang sudah kalian dapatkan selama menjalani diet tersebut. Bila perlu, cetaklah foto perubahan bentuk dan berat badan kalian dari bulan ke bulan selama menjalani diet. Cara ini merupakan cara yang sangat efektif yang dapat memicu kembali semangat kaliam khususnya bila kalian sudah berada di tengah - tengah rasa bosan dalam menjalani diet. Dengan melihat secara langsung perubahan yang kalian dapatkan, pastinya akan membuat kalian semankin semangat dalam menjalankan program penurunan berat badan. Karena, kekuatan visual merupakan salah satu hal terpenting yang dapat menjaga komitmen kalian sejak awal menjalankan diet.

Selain itu, janganlah kalian membandingkan bentuk atau berat badan kalian dengan orang lain. Karena itu hanya akan membuat kalian putus asa. Pahamilah bahwa setiap orang memiliki sistem metabolisme dan genetik yang berbeda - beda. Membandingkan diri kalian dengan orang lain hanya akan membuat konsentrasimu dalam menjalankan diet menjadi teralihkan. Tidak sedikit orang yang justru menjadi terbebani setelah membandingkan tubuhnya dengan orang lain. Dan hal itu justru dapat membuat berat badan kalian bertambah.

4. Olah Makanan Dengan Benar

Untuk kalian yang ingin menjalankan diet dengan mengurangi rasa lapar, akan jauh lebih mudah bila kalian bisa mengolah makanan dengan baik. Walaupun kalian mengurangi jumlah porsi makanan sehari - hari, kalian tidak akan cepat merasa lapar jika bisa mengolah makanan dengan baik. Tentunya hal ini sangat menguntungkan bagi kalian yang kurang suka melakukan aktivitas fisik.

Salah satu contoh cara mengolah makanan dengan baik yang bisa kalian lakukan di rumah yaitu dengan memakan makanan yang membuat kalian kenyang lebih lama. Selain dari porsi makanan yang dikonsumsi, jumlah nutrisi ternyata juga menjadi faktor yang membuat rasa kenyang terasa lebih lama contohnya mengkonsumsi makanan yang mengandung serat dan air. Serat yang menjadi salah satu sumber karbohidrat kompleks akan tahan di dalam saluran pencernaan lebih lama karena sulit untuk dicerna.

5. Atur Jadwal Makan Dengan Tepat

Bagi kalian yang memiliki penyakit maag namun ingin tetap menjalankan program diet, makan kalian harus mengatur jadwal makan kalian dengan tepat. Usahakan perbanyak porsi makanan di pagi hari dan mulailah mengurangi konsumsi makanan di malam hari. Jangan pernah melewatkan yang namanya sarapan karena itu akan mempengaruhi pada energi kalian di siang hari. Dan hindarilah begadang atau tidur yang terlalu larut malam. Karena, tidur yang terlalu larut malam akan memicu kalian untuk memakan makanan ringan.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Berikanlah Komentar Anda Tentang Artikel Di atas
Berkomentar dengan sopan dan jangan lupa LIke FansPagenya
Jangan spam (komentar dengan link aktif), bila ada link aktif saya akan hapus komentar anda