Cara Ampuh Menaikkan Berat Badan

Cara Ampuh Menaikkan Berat Badan

Kegemukan bukan menjadi satu - satunya masalah kesehatan yang ada di dunia khususnya Indonesia. Masih banyak orang yang memiliki badan kurus dan kecil yang ingin memiliki badan berisi dan ideal. Memiliki badan yang kurus memang kurang enak dipandang untuk sebagian orang. Rentan terhadap penyakit, sering menjadi bahan ejekan, hingga tidak merasa percaya diri sering dialami oleh orang - orang yang memiliki badan kurus.
Sumber Gambar https://lh6.googleusercontent.com

Sebagian orang memiliki sistem pencernaan yang tinggi sehingga dapat mencerna makanan dengan cepat. Namun, hasil dari pencernaan tersebut tidak dapat dijadikan lemak dan kalori melainkan malah menjadi energi. Itu lah mengapa orang yang kurus cenderung lebih aktif bergerak, karena dia memiliki banyak simpanan energi di dalam tubuhnya. Selain itu orang yang memiliki sistem pencernaan cepat, hanya dapat memproduksi sedikit lemak. Sehingga badan orang kurus jauh lebih ringan dibandingkan orang yang gemuk.

Jika kalian memiliki badan yang kurus dan ingin menaikan berat badan kalian, ada baiknya jika kalian mengetahui terlebih dahulu apa saja yang menyebabkan kalian menjadi susah gemuk.

1. Kurang Gizi

Kurang pemenuhan gizi yang seimbang adalah penyebab yang paling banyak di alami oleh orang yang memiliki badan kurus. Seseorang akan cenderung mengalami penurunan berat badan jika kebutuhan gizinya tidak terpenuhi. Hal ini juga berhubungan dengan konsumsi nya sehari - hari. Mengkomsumsi makanan bergizi seimbang dapat menjadi salah satu jalan keluar untuk menaikan berat badan.

2. Kurang Asupan Nutrisi

Selain asupan gizi yang seimbang, nutrisi juga menjadi salah satu faktor penyebab mengapa badan susah untuk gemuk. Sudah banyak kasus yang terjadi, orang yang banyak makan namun badan tetap kurus. Banyak atau sedikitnya makan sebenarnya tidak terlalu berpengaruh jika kita ingin menaikan berat badan. Jika kita makan dengan porsi yang banyak namun makanan yang kita konsumsi tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh kita sehari - hari, maka berat badan kita tidak akan naik dengan signifikan. Jika kalian ingin menaikan berat badan, akan jauh lebih baik jika kalian makan - makanan ber nutrisi yang baik dan cukup.

3. Kurang Olahraga

Olahraga merupakan salah satu hal yang dapat menunjang kesehatan tubuh. Olahraga juga dapat membantu meningkatkan kerja sistem metabolisme  dan kinerja organ - organ penting dalam tubuh. Saat orang kurang berolahraga, sistem pencernaan menjadi kurang bagus dan melambat. Organ - organ dalam tubuh juga menjadi kurang sehat sehingga mudah terkena penyakit.

4. Stress

Orang yang sering mengalami stress rata - rata memiliki tubuh yang cenderung kurus. Stress dapat mengakibatkan berkurangnya nafsu makan. Stress juga berdampak pada beban pikiran yang berlebihan. Itulah yang kemudian menjadi alasan mengapa orang yang sering mengalami stress, tubuhnya lebih berpeluang untuk kurus dan susah gemuk. Selain itu, stress juga memicu kita untuk menjadi ketergantungan pada hal - hal yang berbau candu dan menenangkan sepertk rokok, alkohol bahkan narkoba.

Jika kita sudah mengetahui hal apa saja yang membuat kita susah untuk menaikan berat badan, selanjutnya adalah langkah - langkah yang dapat kita ikuti agar dapat memudahkan kita untuk menaikan berat badan. Berikut ulasannya.

Cara Ampuh Menaikkan Berat Badan


1. Perbanyak Asupan Lemak Sehat


Jika kalian ingin menaikan berat badan, bukan berarti kalian boleh makan makanan berlemak dengan bebas. Tetap ada batasan - batasan tertentu untuk makanan berlemak. Karena jika kalian terlalu banyak makan makanan berlemak, kalian justru mengundang penyakit seperti kolesterol dan jantung koroner. Pilihlah lemak yang sehat dan bermanfaat agar tidak menggangu kerja jantung. Lemak sehat banyak terkandung dalam makanan seperti alpukat, minyak zaitun dan kacang - kacangan.

Usahakan untuk tidak mengkonsumsi lemak jahat terlalu banyak. Memang lemak jahat juga dapat menaikan berat badan kalian dengan cepat. Namun lemak ini juga dapat membuat kalian terserang banyak penyakit - penyakit yang berhubungan dengan jantung.

2. Perbanyak Konsumsi Protein


Protein merupakan salah satu zat yang dapat membentuk sel - sel otot, tulang, kulit dan rambut. Protein juga berguna untuk mengisi massa otot sehingga berat badan menjadi naik. Jika kalian ingin menaikan berat badan, kalian bisa mulai dengan memperbanyak konsumsi sumber protein seperti ikan, daging ayam, daging sapi, telur, susu, keju, dan lain - lain. Bagi kalian yang vegetarian, cobalah mengganti protein hewani dengan protein nabati seperti tahu, tempe, kedelai, dan lain - lain.

Selain itu, protein juga dapat meningkatkan sistem imunitas atau sistem kekebalan tubuh. Sistem imunitas akan mendapatkan dukungan dari beberapa organ tubuh yang sehat. Saat sistem kekebalan tubuh kita menjadi kuat, tubuh kita menjadi tidak mudah terserang virus dan penyakit. Berat badan kita pun tidak berkurang akibat serangan penyakit.

3. Pilihlah Makanan Yang Memiliki karbohidrat Kompleks


Karbohidrat merupakan salah satu sumber penghasil energi terbesar di dalam tubuh kita. Karbohidrat juga di butuhkan untuk membentuk otot dan menunjang kerja organ - organ penting di dalam tubuh. Jika kita ingin menaikan berat badan, lebih baik jika kita mengkonsumsi lebih banyak karbohidrat yang bersifat kompleks. Karena, karbohidrat lebih sulit dicerna dan menjadi gula. Karbohidrat kompleks dapat kalian peroleh dari gandum, beras merah, ubi dan juga oat.

Sebaliknya, mulailah kurangi asupan karbohidrat non kompleks atau karbohidrat sederhana seperti gula, nasi, permen, atau kue. Karena karbohidrat sederhana lebih mudah untuk dicerna dibandingkan dengan karbohidrat kompleks. Hal ini dapat membuat kandungan gula dalam tubuh kita menjadi meningkat dan dapat membuat kita beresiko terkena diabetes.

4. Perbanyak Makan Di Malam Hari


Kebalikan dari cara untuk menurunkan berat badan, memperbanyak makan di malam hari dapat dibilang cukup efektif untuk menaikan berat badan. Faktanya, orang - orang yang makan makanan ringan lewat dari jam 8 malam akan lebih banyak menyimpan massa otot dibandingkan orang yang jarang makan di malam hari. Belum diketahui penyebab pasti yang mempengaruhi hal ini. Namun, diperkirakan waktu menjadi salah satu faktor penting.

Tetapi, banyak orang yang melakukan kesalahan dengan langsung tidur setelah makan. Padahal hal tersebut seharusnya tidak dilakukan karena akan membuat lemak lebih mudah tertimbun dan membuat badan kalian cenderung menjadi buncit dibandingkan gemuk berisi. Tidur setelah makan juga akan meningkatkan asam lambung kalian yang akan menimbulkan rasa panas di dana dan tenggorokan.

5 Perbanyak Olahraga


Olahraga sangat penting bagi kalian yang ingin menaikan berat badan karena massa otot lebih berat dibandingkan lemak. Pebanyaklah melakukan body building seperti angkat besi karena lebih cepat untuk menaikan massa otot. Jika kalian sedang tidak berada di Gym, kalian bisa melakukan sit up, push up, atau squat agar lemak tetap menjadi otot.

Memang untuk kalian yang baru mengawali program ini, pasti akan merasakan banyak kesulitan. Cobalah untuk memulai dengan hal yang mudah terlebih dahulu. Karena langsung melompat ke tahap yang sulit akan membuat otot kalian kaget dan dapat cedera. Seiring berjalannya waktu, otot kalian akan terbiasa. Kalian juga bisa menambah tingkat kesulitannya sedikit demi sedikit.
Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Berikanlah Komentar Anda Tentang Artikel Di atas
Berkomentar dengan sopan dan jangan lupa LIke FansPagenya
Jangan spam (komentar dengan link aktif), bila ada link aktif saya akan hapus komentar anda