Cara Praktis Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal

Cara Praktis Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal

Siapa yang tidak menginginkan berat badan ideal ??? Semua orang di seluruh dunia pasti mempunyai tubuh impiannya masing - masing. Dan mereka pasti akan melakukan segala cara agar bisa mendapatkan tubuh impiannya.
Baca Juga Cara Ampuh Menaikkan Berat Badan

Salah satu metode yang paling sering di gunakan untuk mencapai berat badan idela adalah dengan menjalankan program diet. Tidak perlu menjalankan diet yang menyiksa diri, bagi beberapa orang cukup menjalankan diet yang fleksibel saja sudah mendapatkan hasil yang memuaskan. Namun tidak sedikit juga orang yang sudah menjalankan diet yang sangat ketat, namun berat badannya tak kunjung turun. Hal tersebut pastinya sangat mengecewakan dan bisa membuat frustasi.


Ternyata, diet saja tidak cukup untuk menurunkan berat badan. Terkadang, diet yang tidak di ikuti dengan gaya hidup yang sehat malah hanya memperburuk keadaan. Bahkan di beberapa kasus justru menambah berat badan. Untuk kalian yang ingin setidaknya menjaga berat badan agar tidak terus melonjak, ada baiknya sebelum menjalankan diet kalian harus mengetahui terlebih dahulu kebiasaan buruk apa yang dapat meningkatkan berat badan kalian. Berikut ulasannya. Baca juga

1. Tidur Terlalu Larut

Tidur terlalu larut bukan lah masalah yang sepele. Ada banyak penyakit mengintai kalian jika kalian masih memiliki kebiasaan tidur terlalu larut. Salah satu dampak yang paling terlihat adalah istirahat yang kurang tercukupi atau kurang istirahat. Hal ini tentunya akan sangat menggangu kalian di jam - jam sibuk. Fokus menjadi kurang, badan menjadi lesu, muka menjadi kusam, dan lain - lain.
Baca Juga  6 Cara Praktis Menurunkan Berat Badan tanpa Diet (Diet Alami)

Selain itu, tidur terlalu larut juga dapat berdampak pada berat badan kalian. Bagaimana bisa ??? Akibat dari kurang istirahat, sistem pencernaan dalam tubuh menjadi lebih lambat dalam bekerja karena harus mencerna gula yang dikonsumsi di siang hari. Tidur terlalu larut juga memicu kalian untuk makan di jam - jam yang tidak menentu. Seperti cemilan tengah malam atau late dinner. Hal ini tentunya sangat buruk bagi kalian yang ingin menurunkan berat badan karena akan membuat kalian makan dengan porsi yang lebih banyak.

2. Kurang Minum Air Mineral

Walaupun air mineral merupakan benda yang sangat mudah untuk ditemukan, namun faktanya masih banyak orang yang kurang minum air mineral. Kurang minum air mineral atau air putih dapat menyebabkan dehidrasi dan kelelahan. Hal ini dapat terjadi akibat tubuh cairan yang ada di dalam tubuh kita tidak tercukupi. Namun, apa dampaknya kepada berat badan kita??? Tubuh biasanya salah mengartikan dehidrasi akibat kelelahan dengan rasa lapar. Sehingga kalian cenderung makan lebih banyak saat kalian merasa lelah. Padahal, saat mengalami kelelahan tubuh kita lebih membutuhkan cairan dibandingkan makanan. Itu lah mengapa setelah olahraga, kita sering makan dengan porsi lebih banyak dibandingkan biasanya. Baca juga 5 Jenis Diet yang Ampuh Menurunkan Berat Badan

Bukan hanya itu, kurang minum air mineral juga dapat mendatangkan berbagai penyakit pencernaan seperti diare, sembelit atau susah buang air besar, dan susah buang air kecil. Itu dikarenakan air mineral sangat membantu proses penyerapan nutrisi di dalam perut. Di anjurkan untuk kalian yang ingin menjaga berat badan untuk minum air mineral 8 gelas per hari atau 1 sampai 1,5 liter.

3. Jajan Sembarangan

Di zaman sekarang ini, jajanan sangat mudah kita temui. Entah ini dari pembelian online menggunakan aplikasi, jajanan fastfood / junkfood, atau jajanan yang ada di pinggir - pinggir jalan / kaki lima. Ini merupakan salah satu godaan terberat untuk kalian yang sedang ingin menjaga berat badan. Agar kalian lebih sulit tergoda untuk jajan junkfood atau fastfood, kalian bisa mengingat - ingat berjuta dampak buruk dari jajanan fastfood.

Bahaya pertama yang harus kalian ingat adalah bahwa junk food atau fast food mengandung banyak kalori. Rata - rata junkfood mengandung gula, karbohidrat, lemak, dan garam. Junkfood juga bangak mengandung kalori yang sangat banyak namun tidak di ikuti dengan gizi yang tinggi.

Contoh di atas merupakan tiga kebiasaan buruk yang dapat memicu naiknya berat badan dengan cepat. Bagi kalian yang ingin menjaga berat badan, pastinya harus menghindari atau setidaknya mengurangi kebiasaan - kebiasaan buruk diatas. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, kalian bisa mengikuti beberapa saran cara menjaga berat badan di bawah ini.

Cara Praktis Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal

1. Kalkulasikan Berat Badan Secara Rutin


Agar berat badan kalian selalu terkontrol, rutin lah memeriksa statistik naik - turunnya berat badan. Hal ini dilakukan agar kalian dapat segera mengetahui apabila berat badan kalian naik terlalu tinggi. Bagi kalian yang memiliki alat penghitung kalori, ada baiknya kalian menghitung perkiraan setiap kalori yang masuk dan keluar di tubuh kalian. Baca juga 5 Cara Praktis Sukses Menurunkan Berat Badan (Diet)

Hindari juga jajan - jajanan yang kurang sehat seperti gorengan, makanan - makanan yang tidak terjamin kesehatannya, dan makanan cepat saji. Karena,terlalu banyak memakan jajanan yang kurang sehat dapat meningkatkan jumlah kalori yang masuk kedalam tubuh. Cara terbaik menghindari jajanan yang kurang sehat adalah dengan membawa bekal makanan sendiri dari rumah. Selain karena dapat menghemat biaya, kebersihannya pun terjamin. Kita juga mengatur sendiri jumlah kalori yang ada di dalam bekal kita.

2. Istirahat Yang Cukup


Untuk kalian yang masih memiliki kebiasaan tidur larut malam atau begadang, cepatlah kalian hentikan kebiasaan itu jika kalian tidak ingin berat badan kalian menjadi tidak menentu. Di waktu malam hari, tubuh kita seharusnya berada dalam masa istirahat dan persiapan untuk aktivitas di ke esokan harinya. Namun jika kalian begadang, tubuh kalian tidak bisa beristirahat dengab sempurna sehingga dapat menyebabkan sistem pencernaan yang terganggu. Hal ini juga dapat berakibat fatal di masa lanjut usia.

Selain itu, tidur larut malam akan memicu kalian untuk makan makanan ringan yang tinggi gula dan kalori. Di saat tubuh kalian yang seharusnya beristirahat, tetapi kalian justru memaksa sistem pencernaan kalian untuk terus bekerja. Akibatnya, makanan tidak dapat dicerna dengan sempurna.

3. Konsumsi Makanan Dengan Gizi Seimbang


Perbanyak lah konsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna. Nasi, sayur, lauk pauk, buah, dan susu merupakan salah satu contoh makanan bergizi seimbang yang sangat mudah untuk di temui. Kalian juga menambahkan beberapa makana yang memiliki kandungan serat tinggi agar dapat merasakan kenyang yang lebih lama. Contoh makanan dengan serat tinggi seperti kacang - kacangan, gandum, dan biji - bijian.

Demi menunjang hasil yang lebih maksimal, perbanyaklah juga konsumsi air mineral. Air mineral memiliki peran yang cukup membantu dalam sistem pencernaan kalian. Nutrisi yang ada di dalam tubuh, dalam lebih mudah diserap dengan adanya bantuan dari air mineral. Minumlah air mineral sesuai anjuran dokter yaitu sekitar 8 gelas atau sekitar 1 sampai 1,5 liter setiap harinya.

4. Kelola Pola Makan Dengan Baik


Untuk yang satu ini bisa dibilang merupakan hal tersulit bagi masyarakat Indonesia. Merubah kebiasaan pola makan 3 kali sehari sejak kecil menjadi tantangan terbesar bagi masyarakat Indonesia yang ingin menjaga berat badan. Sebenarnya, pola makan yang baik adalah dengan makan tidak terlau banyak namun dengan frekuensi yang sering. Dengan begitu, tubuh kita dapat mencerna makanan secara perlahan dan sempurna.

Bagi kalian yang kesulitan untuk merubah pola makan, mungkin kalian bisa memulai dengan tidak meninggalkan sarapan di pagi hari. Karena faktanya sebagian masyarakat Indonesia sering melupakan sarapan. Padahal sarapan merupakan hal yang terpenting jika kalian ingin menjaga berat badan tetapi stabil. Hal itu dikarenakan saat pagi hari, sistem pencernaan kita bisa mencerna dengan hasil yang lebih maksimal dibandingkan dengan waktu siang apalagi saat sudah larut malam.

Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Berikanlah Komentar Anda Tentang Artikel Di atas
Berkomentar dengan sopan dan jangan lupa LIke FansPagenya
Jangan spam (komentar dengan link aktif), bila ada link aktif saya akan hapus komentar anda