Macam-Macam Diet yang Terbukti Efektif Mengurangi Berat Badan

Macam-Macam Diet yang Terbukti Efektif Mengurangi Berat Badan

Macam-macam diet - Sebagai usaha untuk mendapatkan berat badan yang ideal, banyak usaha yang dilakukan salah satu contohnya yaitu melakukan diet. Diet dinilai merupakan cara terampuh untuk menurunkan berat badan.

Beragam jenis diet semakin populer belakangan ini banyak dilakukan oleh orang-orang bahkan public figure pun banyak yang melakukannya. Namun, sebaiknya anda tetap memilih diet yang sesuai kebutuhan tubuh anda. Apa saja macam-macam diet? Berikut adalah penjelasannya

Macam-Macam Diet yang Terbukti Efektif Mengurangi Berat Badan


1. Diet Nasi

Diet ini dilakukan dengan cara mengganti konsumsi nasi dengan makanan karbohidrat lain yang rendah kalori, seperti jagung, kentang, ataupun beras merah. Seperti yang diketahui kolesterol dapat menyebabkan obesitas (kegemukan) dan penyakit diabetes.

2. Diet Nasi Merah

Sesuai namanya, diet ini dilakukan dengan cara mengkonsumsi nasi merah sebagai pengganti nasi putih. Mengkonsumsi nasi merah biasanya dikombinasikan dengan dada ayam.
Seperti yang diketahui dada ayam memang mengandung lemak dengan kadar rendah sehingga bagus untuk dikonsumsi. Diet ini juga dilakukan dengan mengubah kebiasaan makan dari yang semula 3-4 kali sehari menjadi 5-6 sehari namun dengan porsi yang lebih sedikit.

3. Diet Ketofastosis

Diet ini dilakukan dengan cara banyak mengkonsumsi protein hewani sebagai makanan utama. Diet ini, anda harus menghindari makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, protein dalam jangka waktu 6-12 jam, apabila tubuh tidak lagi ada asupan karbohidrat sebagai sumber makanan untuk diproses menjadi energi. Contoh makanan yang biasa dimakan dalam melakukan diet ketofastosis ini adalah daging sapi, ayam, susu, keju, ikan, dan lain sebagainya.

4.  Diet Katogenik 

Macam diet berikutnya yaitu diet katagonik. Diet ini dilakukan dengan cara memperbanyak mengkonsumsi makanan berlemak, namun rendah protein dan karbohidrat. Disarankan mengkonsumsi makanan berlemak tinggi seperti telur, daging, sosis, es krim, udang, mayonaise, serta makanan lain yang tinggi lemak  namun rendah karbohidrat.
Namun diet ini tidak menganjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung gula atau zat tepung semisal roti dan pasta. Diet ini sangat cocok diterapkan bagi seseorang penderita epilepsi

5. Diet GM

Diet GM atau yang disebut diet General Motors merupakan salah satu diet yang dilakukan dengan cara memperbanyak konsumsi air mineral, susu, dan juga pisang serta harus menghindari alkohol. Aturannya seseorang memperbanyak minum air mineral, kemudian diikuti dengan minum susu kedelai minimal 3 gelas dan makan pisang sebanyak 8 buah.
Diet ini juga menghindari makanan nasi, gula dan garam. Sudah banyak yang membuktikan, diet ini mampu menurunkan berat badan seseorang 6-9 kg dalam waktu seminggu. Luar biasa bukan?

6. Diet Atkins

Diet ini dilakukan dengan cara mengurangi konsumsi karbohidrat sederhana. Namun memperbolehkan mengkonsumsi makanan berprotein dan berlemak dalam jumlah banyak sekalipun.
Kekurangan karbohidrat, maka tubuh akan melakukan pembakaran lemak sehingga berat badan akan turun dengan cepat. Namun sayangnya, diet ini memiliki kelemahan yaitu anda bisa saja mengalami gangguan tubuh seperti sembelit, insomnia, mual, dan bau mulut.

7. Diet OCD

Diet OCD atau yang disebut Obsessive Corbuzier Diet merupakan diet satu-satunya yang memperbolehkan anda makan apapun yang anda sukai. Namun bukan berarti diet ini tanpa ada ketentuan sama sekali, anda boleh mengkonsumsi makanan apa saja tapi harus dalam porsi yang wajar.
Diet ini juga menerapkan sistem puasa dimana pada awal pertama diet seseorang boleh makan apapun selama 8 jam, kemudian berikutnya selama 6 jam. Diluar waktu makan itu anda hanya diperbolehkan mengkonsumsi air putih.

8. Diet Makanan Tanpa Rasa

Sesuai namanya, diet ini dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang tidak memiliki rasa atau tidak dibumbui. Logikanya, makanan tanpa rasa pasti tidak disukai sehingga mengurangi porsi makanan. Hal ini bisa berdampak bagi penurunan berat badan.

Itulah beberapa macam-macam diet yang patut anda coba. Selain itu ada macam-macam diet lain seperti diet mayo, diet dukan, diet 5:2 dan lainnya. Terapkan diet yang sesuai kebutuhan tubuh anda agar hasilnya menjadi maksimal.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Berikanlah Komentar Anda Tentang Artikel Di atas
Berkomentar dengan sopan dan jangan lupa LIke FansPagenya
Jangan spam (komentar dengan link aktif), bila ada link aktif saya akan hapus komentar anda