SaTe Bus (SMART INTEGRATED BUS) : INOVASI BUS KOTA RAMAH LINGKUNGAN PENGURAI KEMACETAN DI KOTA MAKASSAR

SaTe Bus (SMART INTEGRATED BUS) : INOVASI BUS KOTA RAMAH LINGKUNGAN PENGURAI KEMACETAN DI KOTA MAKASSAR



PROPOSAL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
SaTe Bus (SMART INTEGRATED BUS) : INOVASI BUS KOTA RAMAH LINGKUNGAN PENGURAI KEMACETAN DI KOTA MAKASSAR


BIDANG KEGIATAN: 
PKM GAGASAN TERTULIS


Disusun Oleh :

Arham (H21114017) Angkatan 2014
Chairil Anwar (H21114302) Angkatan 2014
Asdar Samsu (H21114014) Angkatan 2014

UNIVERSITAS HASANUDDIN
MAKASAR
2015

Arham, Chairil Anwar,  Asdar Samsu
Mahasiswa Jurusan Fisika Universitas Hasanuddin Makassar
Jln. Perintis Kemerdekaan KM.10 Tamalanrea Makassar 90245

Ringkasan
Kota Makassar merupakan salah satu kota yang mengalami kemacetan lalulintas diakibatkan banyaknya aktivitas pergerakan lalulintas pada sektor pendidikan, perkantoran dan permukiman. Kemacetan di sini disebabkan karena tidak seimbangnya antara jumlah pengguna jalan dengan luas atau lebarnya jalan tersebut. sehingga perlu adanya langka-langkah perbaikan menangani kemacetan di Kota Makasssar salah satunya dengan cara penerapan Smart Integrated Bus.
Smart Integrated Bus merupakan rangkaian dari beberapa bus yang diintegrasikan menjadi satu dengan panjang 30 meter dengan kapasitas sekitar 100 orang dengan berbagai fasilitas yang lengkap untuk kenyamanan penumpang. Selain itu bus ini dapat dioperasikan dengan menggunakan energi listrik. Sehingga dapat dikatakan bus ini ramah lingkungan. Bus ini beroperasi hanya satu arah saja dengan mengandalkan dua kemudi di bagian depan dan belakang bus.
Dengan adanya strategi penerapan Smart Integrated Bus pada daerah yang sering mengalami kemacetan salah satunya pada jalan protokol Kota Makassar tersebut maka kemacetan dapat diminimalisir.

Kata Kunci : Kemacetan, Kota Makassar, Smart Integrated  Bus


PENDAHULUAN
Latar Belakang

Jalan di Kota Makassar mempunyai peranan yang penting dalam mendukung sektor-sektor perdagangan, perkantoran, pendidikan, dan jasa yang semua itu dapat berjalan dengan baik apabila sarana-sarana pendukung cukup memadai (Sumadi, 2006).
Kota Makassar merupakan salah satu kota yang mengalami kemacetan lalulintas diakibatkan banyaknya aktivitas pergerakan lalulintas pada sektor pendidikan, perkantoran dan permukiman (Sumadi, 2006). Kemacetan di sini disebabkan karena tidak seimbangnya antara jumlah pengguna jalan dengan luas atau lebarnya jalan tersebut (Setiawan, 2010).
Dampak kemacetan ini tidak hanya dirasakan oleh masyarakat sekitar jalan raya, tetapi tentu juga pengguna jalan. Kemacetan mengakibatkan waktu tempuh perjalanan menjadi lebih lama, sehingga banyak waktu yang hilang selama diperjalanan apalagi yang berprofesi sebagai pengusaha atau pedagang yang kehilangan kesempatan dalam menjalangkan usahanya (Setiawan, 2010).
Kemacetan lalu lintas yang terjadi di beberapa jalan protokol di Kota Makassar merupakan masalah yang harus segera ditangani agar dampak yang ditimbulkannya tidak merusak dan merugikan masyarakat sekitarnya. Usaha-usaha untuk mencegah dan mengurangi terjadinya kemacetan lalu lintas harus segera dilakukan. Untuk itu perlu dilakukan analisis sehingga dapat memberikan solusi untuk mengatasi kemacetan yang terjadi (Tjahjani, 2012).
Oleh karena solusi yang tepat untuk mengatasi kemacetan beberapa jalan protoko tersebut dengan menggunakan Smart Integrated Bus.
Smart Integrated Bus merupakan bus terintegrasi dengan fasilitas yang nyaman dengan kapasitas kursi yang banyak. Smart Integrated Bus memiliki banyak keunggulan dibanding dengan bus-bus lain di Kota Makassar salah satunya adalah hadirnya Mini Library serta bus ini beroperasi dalam satu arah dengan jalur khusus sehingga tidak mengganggu pengguna jalan yang lain. 

Tujuan dan Manfaat

Penulisan Karya tulis bertujuan mendeskripsikan bagaimana langkah-langkah dan upaya strategis yang dapat dilakukan untuk mengurangi titik kemacetan di beberapa jalan protokol di Kota Makassar, sedangkan manfaat yang ingin dicapai yaitu mengurangi kemacetan di beberapa jalan protokol di Kota Makassar akibat tidak seimbangnya jumlah pengguna jalan dengan kapasitas jalan raya.

GAGASAN

Kondisi Kekinian Pencetus Gagasan
Kondisi lalu lintas di Kota Makassar semakin tahun semakin macet. Hal ini disebabkan debit kendaraan yang melalui beberapa jalan protokol semakin bertambah. Dikutip dari Dephub.go.id (2015) jumlah kendaraan di Kota Makassar khusus untuk roda 2 meningkat 13-14 persen per tahun dan roda 4 meningkat 8-10 persen per tahun. Sementara pertumbuhan jalan hanya 0,001 persen per tahun. Jumlah kendaraan baik roda dua maupun roda empat mencapai 2,4 juta (1,1 juta roda 2 dan 1,3 juta mobil) lebih tinggi dari jumlah penduduknya sebanyak 1,7 juta jiwa. Jumlah kendaraan pribadi akan bertambah jika memasuki tahun ajaran baru.  Masalah ini diperparah dengan kehadiran para mahasiswa dari luar Makassar tiap tahunnya untuk menuntut ilmu di Makassar dengan menggunakan kendaraan pribadi baik roda 2 maupun roda 4.
Menurut Pakar transportasi dari Universitas Hasanuddin, Prof. Ir. Sakti Adji Adi sasmita memperkirakan pada tahun 2021 seluruh jalan di Makassar berada dalam kondisi kritis. Dalam jangka menengah, pemecahan masalah transportasi di Makassar adalah pengembangan moda transportasi KA baik monorel untuk dalam kota Makassar maupun kereta yang menghubungkan dengan kota-kota sekitarnya.
Perbandingan antara jumlah kendaraan yang ada tidak sebanding dengan jumlah luas jalan yang ada. Hal ini sebagai pemicu terjadinya kemacetan ditambah buruknya system angkutan umum yang ada Perlu kita sadari juga bahwa kemacetan dapat membuat inefisien seperti waktu, biaya, dan tenaga yang terbuang sia-sia.
Dapat dilihat kondisi jalan-jalan protokol di kota Makassar ini selalu mengalami kemacetan terutama pada saat peak hour. Hal ini dikarenakan sebagian besar penduduk yang beraktifitas di kota ini menggunakan kendaraan pribadi untuk mencapai tempat kerjanya dari lingkungan rumah tinggalnya. Sehingga pada waktu peak hour ataupada pukul 7-9 pagi serta pada pukul 3-5 sore, terjadi penumpukan kendaraan pada jalan-jalan utama yang menghubungkan tempat tinggal dan tempat bekerja. Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan Urip Sumoharjo, dan Jalan AP Pettaranimerupakan beberapa ruas jalan protokol yang paling sering mengalamikemacetanPeristiwa kemacetan merupakan suatu hal yang tidak lagi asing bagi ketiga jalan protokol ini.
Jalan Andi Pangeran Pettarani atau yang disingkat A.P. Pettarani merupakan salah satu jalan protokol Kota Makassar. Jalan ini merupakan jalanyang berada pada salah satu pusat kegiatan di Kota Makassar. Sekolah, kampus, perkantoran, pusat perbelanjaan, hingga perumahan dihubungkan oleh jalan ini.Sebagai salah satu muara dari berbagai aktifitas yang ada inilah yangmengakibatkan ruas jalan ini selalu dihampiri dengan kemacetan.



Jalan protokol selanjutnya adalah Jalan Urip Sumoharjo. Jalan ini merupakan salah satu jalan utama yang berada di pusat Kota Makassar. Maka tidaklah mengherankan jika jalan ini juga sering mengalami kemacetan yang cukup panjang. Berikut adalah kondisi Jalan Urip Sumoharjo saat mengalami penumpukan kendaraan di jalan :

Hal yang sama juga terjadi di Jalan Perintis Kemerdekaan. Jalan yangmerupakan jalan yang terpanjang di Kota Makassar ini juga mengalami hal yangsama dengan dua jalan protokol yang telah disebutkan sebelumnya. Titik kemacetan yang paling parah terjadi di titik sekitar kilometer 7 hingga kilometer 8 bahkan kadangkala mencapai kilometer 9. Berikut adalah beberapa bukti dokumentasi:

Ketiga jalan protokol ini masih saja dilanda kemacetan. Padahal jika dikaji lebih jauh, pemerintah daerah kota sebenarnya sudah melakukan tindakan atas apa yang terjadi. Ketiga jalan protokol ini telah diperluas kapasitasnyadengan dilakukannya pelebaran jalan sehingga lajur kendaraan pada tiap jalur bertambah. Namun demikian, kemacetan masih saja ada seolah-olah regulasi yang ada terkesan tidak ada atau tidak pernah dikeluarkan.
Pemerintah Kota Makassar harus menemukan regulasi yang cerdas dan tepat tentunya dalam penanganan masalah kemacetan di Kota Makassar supaya pada tahun yang akan datang Makassar tidak mengalami macet total di mana menurut Pakar transportasi dari Universitas Hasanuddin, Prof. Ir. Sakti Adji Adi sasmita memperkirakan pada tahun 2021 seluruh jalan di Makassar berada dalam kondisi kritis.

Solusi yang Pernah Diajukan

Kemacetan merupakan fenomena klasik Kota Metropolitan, tak terkecuali Kota Makassar. Beberapa Penanganan problema kemacetan di Kota Makassar adalah dengan penerapan bus Mamminasata yang berbasis BRT (Bus Rapid Transit). Melihat kondisi di jalan, bus ini sangat sepi penumpang sehingga setiap kali beroperasi bisa dikatakan biaya operasinya lebih tinggi dibandingkan pemasukannya. Solusi lain adalah dengan membangun jalan fly over untuk mengurai kemacetan di persimpangan jalan Urip Sumoharjo-Pettarani serta pelebaran jalan pada beberapa jalan protokol di Kota Makassar.
Beberapa kebijakan dalam bentuk regulasi telah dikeluarkan oleh pemerintah Kota Makassar untuk mengatasi kemacetan, salah satu kebijakan yaitu penerapan sistem angkutan massal modern Bus Rapid Transit (BRT) Trans Mamminasata (Makassar-Maros-Sungguminasa-Takalar) yang telah terealisasi pada Maret 2014 lalu. Trans Mamminasata melayani kebutuhan angkutan umum bagi komuter di wilayah Makassar, Maros, Sungguminasa, dan Takalar yang terdiri atas 11 koridor.
Meski dengan dibentuknya moda transportasi darat seperti Trans Mamminasata sebagai solusi yang ditawarkan pemerintah Kota Makassar untuk mengatasi kemacetan dengan harapan beralihnya para pengguna kendaraan pribadi ke kendaraan umum, namun tetap masih banyak yang menggunakan kendaraan pribadi dan hanya sedikit yang beralih kekendaraan umum.

Gagasan yang Diajukan

Kita telah mengetahui bahwa laju pertumbuhan penduduk di suatu kota semakin bertambah karena adanya perpindahan penduduk dari desa ke kota oleh sebab itu terjadi tumpang tindih antara masyarakat setempat dengan masyarakat pendatang sehingga terjadi aktivitas yang lambat salah satunya adalah terjadinya kemacetan disuatu titik di ruas jalan.
Kemacetan merupakan suatu permasalahan di kota terutama di Kota Makassar di mana terjadi penumpukan kendaraan di ruas jalan sehingga menyebabkan terjadinya kendala aktivitas masyarakat. Oleh sebab itu, untuk mengatasi kemacetan di Kota Makassar salah satu dengan cara penerapan Smart Integrated Bus.
Dengan adanya Smart Integrated Bus ini maka kemacetan bisa teratasi dengan baik dibandingkan dengan sistem yang pernah diterapkan oleh Pemerintah. Sehingga dapat kita simpulkan bahwa Smart Integrated Bus suatu program pengembangan teknnologi untuk mengatasi kemacetan di Kota Makassar Oleh sebab itu, solusi yang kami berikan sangat cocok untuk daerah yang sering mengalami banyak terjadi kemacetan.

Bus ini merupakan rangkaian dari beberapa bus yang diintegrasikan menjadi satu dengan panjang 30 meter dengan kapasitas sekitar 100 orang dengan berbagai fasilitas yang lengkap untuk kenyamanan penumpang. Selain itu bus ini dapat dioperasikan dengan menggunakan energi listrik. Sehingga dapat dikatakan bus ini ramah lingkungan. Bus ini beroperasi hanya satu arah saja dengan mengandalkan dua kemudi di bagian depan dan belakang bus.

Pihak-pihak yang Dapat Membantu dalam Mengimplementasikan Gagasan


Untuk mengimplementasikan dan mengembangkan gagasan Smart Integrated Bus ini, maka memerlukan kerja sama dari berbagai pihak, dinataranya adalah sebagai berikut:
1. Pemerintah Kota Makassar sebagai pihak yang terlibat langsung dan memilki peran penting dalam mengatasi kemacetan yang terjadi di Kota Makassar tepatnya sepanjang Jalan Tello agar kiranya gagasan dapat terimplementasikan dengan baik.
2. Arsitek. Smart Integrated Bus ini diperlukan kerja sama dengan arsitek dalam perancangan tata ruang bangunan agar dapat berjalan dengan efektif.
3. Lembaga Penelitian dan Universitas. Agar rancangan atau desain jalan Smart Integrated Bus agar berjalan dengan efektif diperlukan bantuan dari instansi Pendidikan dan Kementerian Riset dan Teknologi melalui universitas dalam pengembangan konsep bus ini.

KESIMPULAN

Smart Integrated Bus adalah upaya unutk mengatasi kemacetan yang sering terjadi di kota-kota besar salah satunya adalah di Kota Makassar. Smart Integrated Bus ini sangat berpotensi untuk dikembangkan di Indonesia.
Mengingat Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk yang terbanyak di Asia Tenggara. Di mana setiap tahunnya penduduk Indonesia semakin membludak.
Dengan adanya strategi penerapan Smart Integrated Bus pada beberapa jalan protokol tersebut maka kemacetan dapat diminimalisir.


DAFTAR PUSTAKA


Setiawan, S., Yoga. 2010. Berbagai Dampak Kemacetan dan Implikasinya Terhadap Pendapatan Petani Sayur. Bandung: IPB.
Sjafruddin. Ade. Prof. 2013. Angkutan Umum, Solusi Kunci Kemacetan Jakarta. Bandung: ITB.
Sumadi. 2006. Kemacetan Lalulintas Pada Ruas Jalan Veteran Kota Brebes. Semarang: Universitas Diponerogo Semarang.
Tjahjani, Indra, A.R., dan Firmansyah, Deden. 2012. Analisis Kemacetan Lalu Lintas Di Suatu Wilayah (Studi Kasus Di Jalan Lenteng Agung). Jakarta: Universitas Pancasila Jakarta.

LAMPIRAN-LAMPIRAN
Lampiran 1. Biodata Ketua dan Anggota
Ketua Pelaksana
A. Identitas Diri
Nama Lengkap Arham
Jenis Kelamin Laki-Laki
Program Studi Fisika
NIM H21114017
Tempat dan Tanggal Lahir Ujung Pandang, 2 November 1996
E-mail arhamfisika@gmail.com

Nomor Telepon 08981545448

B. Riwayat Pendidikan
INSTITUSI TAHUN LULUS
SD Inp Maccini Sombala I 2008
SMP Neg. 18 Makassar 2011
SMA Neg. 3 Makassar 2014

C. Pengalaman Organisasi
ORGANISASI JABATAN PERIODE
UKM KPI UNHAS Anggota 2016
SC- LOCUS FMIPA UNHAS Anggota 2015

Makassar, 12 Maret 2016
Yang Bertanda Tangan,

                Arham
H21114017




Anggota 1
A. Identitas Diri
Nama Lengkap Asdar Samsu
Jenis Kelamin Laki-Laki
Program Studi Fisika
NIM H21114014
Tempat dan Tanggal Lahir Mallopua, 20 Februari 1995
E-mail Muhamadasdar2@gmail.com
Nomor Telepon 082346698446

B. Riwayat Pendidikan
INSTITUSI TAHUN LULUS
SDN 205 Kallongerasa 2008
SMP Neg. 2 Binamu 2011
SMA Neg. 2 Binamu 2014

C. Pengalaman Organisasi
ORGANISASI JABATAN PERIODE
UKM KPI UNHAS Anggota 2016
SC- LOCUS FMIPA UNHAS Anggota 2015


Makassar, 12 Maret 2016
Yang Bertanda Tangan,

Asdar Samsu_
        H21114014





Anggota 2
A. Identitas Diri
Nama Lengkap Chairil Anwar
Jenis Kelamin Laki-Laki
Program Studi Fisika
NIM H21114302
Tempat dan Tanggal Lahir Ujung Pandang, 7 Juni 1997
E-mail Canwar454@gmail.com
Nomor Telepon 082291383934

B. Riwayat Pendidikan
INSTITUSI TAHUN LULUS
SD Neg. Mandai 2008
MTsN 2 Biringkanaya 2011
SMA Neg. 15 Makassar 2014

C. Pengalaman Organisasi
ORGANISASI JABATAN PERIODE
UKM KPI UNHAS Anggota 2016
SC- LOCUS FMIPA UNHAS Anggota 2015


Makassar, 12 Maret 2016
Yang Bertanda Tangan,

Chairil Anwar
          H21114302





Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Berikanlah Komentar Anda Tentang Artikel Di atas
Berkomentar dengan sopan dan jangan lupa LIke FansPagenya
Jangan spam (komentar dengan link aktif), bila ada link aktif saya akan hapus komentar anda