Cara Lolos Test CPNS dan Formasi CPNS serta Syarat Pendaftaran CPNS 2018!

Cara Lolos Test CPNS dan Formasi CPNS serta Syarat Pendaftaran CPNS 2018!

Siapa sih yang tidak ingin lolos tes CPNS di tahun 2018 ? Pastinya ingin semua kan ? Bagaimana sih rahasia sukses untuk lolos tes CPNS 2018 ? sebelumnya untuk mendapatkan keinginan bergabung menjadi cpns. Anda harus mengetahui terlebih dahulu yah syarat pendaftaran CPNS 2018 ini.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau yang sering di sapa KEMENDIKBUD memberikan Anda kesempatan untuk melamar CPNS 2018.

Seperti surat yang sudah di umumkan oleh KEMENDIKBUD dan yang sudah di tandatangani Sekretaris Jendral Kemendikbud didi suhardi melalu 115 formasi CPNS untuk unit kerja pusat dan kerja pelaksana teknis yang juga melalui pendaftaran CPNS Online Sscn.bkn.go.id.

Untuk Seleksi Awal maka Anda harus menyiapkan syarat pendaftaran CPNS 2018 yang perlu di perhatikan. Apa Saja ?

Cara Lolos Test CPNS dan Formasi CPNS serta Syarat Pendaftaran CPNS 2018!

Syarat Pendaftaran CPNS 2018


A. Bila Anda mendaftar menggunakan Aplikasi CPNS Online, Maka Anda mewajibkan mengirimkan berkas untuk melengkapi seleksi administrasi ke panitia CPNS Kementerian pendidikan dan kebudayaan. PO BOX 1112 - JKP 10011.

Apa saja berkas yang di siapkan ? Antara lain; 
  • Surat lamaran harus di tulis tangan dan sudah di tandangin sendiri dan di tunjukan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui sebuah pimpinan unit kerja di buat pada saat tanggal mendaftar
  • Foto Kopi KTP (masih berlaku)
  • Asli Cetakan kartu pendaftaran SSCN 2018
  • Foto Kopi ijazah dan transkrip nilai yang sudah di legalisir oleh pejabat yang berwenang. Sudah di atur dalam keputusan kepala badan kepegawaian negera nomor 11 tahun 2002. Tambahan: SURAT KETERANGAN LULUS / IJAZAH SEMENTARA tidak dapat digunakan untuk melamar
  • Foto ukuran 3 x 4 dengan latar belakang merah sebanyak 2 lembar serta menuliskan nama dan tanggal lahir di balik fotonya
  • Terkhususnya untuk pelamar formasi putra/i papua dan papua barat, di wajibkan melampirkan; Foto Kopi KTP orang tua (bapak atau ibu kandung), Akta kelahiran, Surat keterangan dari kepala desa yang menyatakan bahwa orang tua pelamar adalah asli orang papua.
  • Untuk Formasi penyandang disabilitas, di wajibkan melampirkan surat keterangan dokter yang menyatakan mengenai jenis dan tingkat disabilitas yang pelamar alami.
  • dan, Untuk Anda formasi putra/i papua serta papua barat dan formasi disabilitas tidak melengkapi 2 point di atas maka di anggap syarat pendaftaran cpns 2018 gagal
B. Untuk berkas harus di masukan ke dalam stopmap dengan ketentuan warna pembeda
  • Warna hijau untuk pelamar Putra/i dengan lulusan terbaik berpredikat pujian.
  • Warna kuning untuk pelamar umum
  • Warna biru untuk pelamar Putra/i papua dan papua barat
  • Warna merah untuk pelamar disabilitas
C. Map yang berisikan dokumen pelamar di masukan kedalam amplop cokelar. dan pada pojok kiri atas di tuliskan unit kerja yang ingin di lamar

D. Hasil Seleksi Akan di umumkan melalui website https://sscn.bkn.go.id dan https://cpns.kemdikbud.go.id

E. Terkahir. Bagi peserta yang memenuhi seleksi administrasi dapat memcetak kartu ujian SSCN 2018 dan di nyatakan berhak mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD)

Formasi CPNS 2018

Formasi CPNS 2018 berdasarkan keputusan menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Redormasi Birokrasi RI Nomor 47 Tahun 2018 Tanggal 29 Agustus 2018 mengenai kebutuhan pegawai aparatur sipil negara di lingkungan kementerian pendidikan dan kebudayaan tahun anggaran 2018.

Di lansir dari Kemendikbud, berikut formasi CPNS 2018.

I. INFORMASI UMUM

1. Unit kerja yang mendapatkan alokasi formasi adalah sebagai berikut ini;

a. Unit Utama Pusat

(1) Sekretariat Jendral
(2) Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat
(3) Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan
(4) Direktorat Jendral Kebudayaan
(5) Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah
(6) Badan Penelitian dan Pengembangan
(7) Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
(8) Inspektorat Jendral

b. Unit Pelaksana Teknis

(1) Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan dan Kebudayaan
(2) Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan
(3) Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan
(4) Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah

Untuk mendapatakan formasi CPNS 2018 lebih lanjut, Anda sebagai pelamar dapat mengetaui alur formasi CPNS nya disini .. Sscn.bkn.go.id

Cara Lolos Tes CPNS 2018

Berikut ini merupakan cara lolos test cpns yang di berikan dari lulusan terbaik cpns tahun 2017

1. Memilih Lowongan CPNS Dengan Peluang yang Besar

Pada posisi seleksi CPNS, biasanya di bagi menjadi dua bagian, ialah lowongan bagi pelamar cumlaude dan pelamar umum.

Untuk memilih lowongan agar 75 % berhasil lolos, Maka Anda di saranankan untuk memilih peserta pelamar yang lebih banyak di bandingkan yang sedikit. Mengapa ? Karena, Semakin banyak pelamar di lowongan tersebut. Maka Anda semakin peluang juga masuk karena penerimaan akan lebih di banyakan.

2. Memilih Lowongan dengan Kemampuan dan Latar Belakang Pendidikan

Sebelumnya, bila Anda ingin melamar jenis lowongan yang di buka pada pendaftaran, alangkah baiknya untuk memastikan bahwa lowongan tersebut sesuai dengan pendidikan yang Anda miliki.

Peluang untuk lolos tes CPNS akan tergantung bagaimana dengan latar belakang pendidikan Anda. Mau tidak Mau Anda haru menekuni salah satu atau terus menekuni latar belakang pendidikan Anda.

Maka dari itu Anda akan lebih mudah untuk mengisi soal yang sejalur dengan kemampuan Anda.

3. Memerhatikan Syarat Khusus yang Di Minta Oleh Lembaga atau Kementerian Lainnya

Strategi terpenting untuk Anda yang sedang sebagai pelamar CPNS 2018. Karena setiap lemabaga atau kementerian itu akan meminta berkas yang berda beda. Maka sebab itu Anda harus memperhatikan semua berkas yang di minta oleh tiap tiap lembaga.

Serta, Anda harus mengumpulkan Syarat tersebut jauh jauh hari, agar tidak terjadi kekurangan persyaratan pada saat hari H pendaftaraan.

4. Latihan Mengerjakan Soal Tes CPNS dan Lebih Banyak Lagi Membaca Buku


Sesuai peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 9 Tahun 2012 Mengenai Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Ujian Seleksi CPNS akan Menggunakan Seleksi Ujian Berbasis Komputer Atau Computer Assisted Test.

Cara terbaik untuk Anda bisa lolos Ialah Sanggup mengerjakan soal yang di berikan oleh lemabag dengan Baik.

Materi CAT terdiri dari dua jenis adalah  Tes Kemampuan Dasar dan Tes Kompetensi Bidang. Tes Kemampuan Dasar di bagi menjadi tiga yakni, Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelejensi Umum dan Tes Karakteristik Pribadi.

Jadi Anda Akan lebih mudah lagi untuk mengerjakan soal dengan memperbanyak latihan telebih dahulu untuk mengikuti tes sungguhannya. dan belajar lah dari jauh jauh hari untuk kematangan Anda dalam bidang tes tersebut.

Advertisement
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Berikanlah Komentar Anda Tentang Artikel Di atas
Berkomentar dengan sopan dan jangan lupa LIke FansPagenya
Jangan spam (komentar dengan link aktif), bila ada link aktif saya akan hapus komentar anda